Fisioterapi - Manfaat, Prosedur, dan Informasi Lengkap

physiotherapy

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah proses rehabilitasi yang dilakukan agar seseorang terhindar dari risiko cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Bukan hanya orang dewasa atau lansia, terapi ini juga bisa berlaku pada anak-anak yang memang membutuhkannya.

Terapi ini bermanfaat untuk kesehatan. Lalu, fisioterapi untuk penyakit apa saja? Fisioterapi mampu membantu untuk meningkatkan gerakan, mengurangi rasa sakit dan kekakuan, mempercepat proses penyembuhan, dan meningkatkan kualitas hidup. 

Dengan begitu, gejala penyakit atau gangguan kesehatan yang dirasakan dapat berkurang dan membaik. Terapi ini bisa kamu lakukan dengan cara latihan fisik, terapi manual, serta pemberian edukasi dan saran pengobatan.


Jenis Fisioterapi

Fisioterapi berkembang dalam beberapa jenis, yang memungkinkan ahli menangani kondisi dengan cara yang lebih efektif dan tepat. Berikut ini beberapa jenis fisioterapi dan kegunaannya:

1. Fisioterapi saraf

Kondisi neurologis menyebabkan kelemahan otot yang berlebih, kehilangan keseimbangan dan koordinasi, kejang otot, tremor, kehilangan fungsi, dan penurunan sensasi.

Fisioterapi saraf bertujuan untuk membangun kembali mobilitas dan mengobati gangguan fungsional yang berasal dari sistem saraf dan neuromuskuler. Seperti, stroke, cedera tulang belakang, cedera otak traumatis, multiple sclerosis, linu panggul, aneurisma, dan penyakit parkinson.

2. Fisioterapi ortopedi/muskuloskeletal

Jenis terapi ini menangani perbaikan kelainan bentuk dan pengobatan penyakit yang berkaitan dengan sistem muskuloskeletal manusia.

Beberapa kondisi yang dapat kamu tangani dengan terapi jenis ini yaitu perbaikan otot, ligamen, tulang, sendi, dan tendon. Tujuan utama perawatan yaitu untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilisasi, dan memperbaiki cedera tulang. 

3. Fisioterapi kardiopulmoner

Orang dengan gangguan kardiopulmoner bisa memperoleh manfaat dengan terapi jenis ini. Misalnya saja, henti jantung dan penyakit paru obstruktif kronik.

Terapis yang bekerja di pusat rehabilitasi jantung akan mengajarkan pengidap tentang bentuk latihan tertentu dan teknik latihan ketahanan, yang dapat membantu pengidap meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

4. Fisioterapi anak

Jenis terapi ini bertujuan untuk memperbaiki cedera akut, cacat lahir, pertumbuhan fisik tertunda, atau cacat genetik tertentu seperti kelumpuhan otak (kondisi yang membatasi gerakan dan koordinasi secara keseluruhan).

Terapis akan menggunakan berbagai latihan terapi pada anak, yang dapat dapat membantu memperkuat bagian yang sakit. Oleh karena itu, rentang gerak yang tepat dan menyeluruh dapat meningkat di bagian-bagian yang bermasalah.

5. Fisioterapi geriatri

Jenis terapi ini dapat menangani kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan usia. Contohnya, artritis (nyeri persendian) dan osteoporosis (tulang rapuh).

Terapis akan memandu lansia tentang membatasi gerakan tertentu yang dapat memperparah rasa sakit, memberikan alat bantu berjalan untuk meningkatkan mobilitas, dan meminimalkan rasa sakit dengan menggunakan teknik dan latihan.


Tujuan Fisioterapi

Tujuannya utamanya adalah mengembalikan fungsi tubuh dan gerakan tubuh setelah mengalami cedera atau terserang penyakit. Jika seseorang mengalami cedera atau penyakit permanen, fisioterapi bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampaknya. 

Prosedur medis ini banyak dilakukan pada orang yang mengalami cedera sendi, radang sendi (arthritis), osteoporosis, sindrom carpal tunnel, masalah pada punggung dan fleksibilitas, sulit menahan buang air (inkontinensia), sakit leher, sakit kepala, serta gangguan muskuloskeletal dan multiple sclerosis.


Manfaat Fisioterapi

Berikut ini beberapa manfaat menjalani fisioterapi pada beberapa kondisi:

Menghilangkan atau mengurangi rasa sakit.

Membantu menghindari prosedur operasi.

Meningkatkan kekuatan dan koordinasi secara keseluruhan.

Mengurangi ketergantungan obat.

Meningkatkan fungsi kardiovaskular dan kapasitas paru-paru.

Mengelola dan mencegah cedera terkait olahraga.

Menjaga kebugaran di segala usia.

Mengelola kondisi jantung dan diabetes.

Memudahkan perawatan kehamilan dan pasca melahirkan.

Meningkatkan kesehatan mental.


Bentuk Perawatan Fisioterapi

Ada beberapa bentuk perawatan fisioterapi yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Program latihan

Selain memberikan masukan, fisioterapis juga memberikan program latihan pada pasien yang membutuhkan untuk mengolah fisik. Salah satunya mengajarkan olahraga atau aktivitas yang tepat.

Dengan melakukan bentuk perawatan fisioterapi ini, maka terapis bisa mengajarkan teknik olahraga yang tepat, gerakan untuk memperkuat otot, hingga melakukan peregangan yang tepat.

2. Terapi manual

Terapis akan menggunakan tangannya untuk melakukan pijatan yang berkaitan dengan fisioterapi. Terapi ini dapat membantu untuk:

Menghilangkan rasa sakit.

Mengatasi kekakuan tubuh.

Meningkatkan sirkulasi darah.

Mempromosikan relaksasi.

Ada beberapa jenis terapi manual lainnya yang bisa kamu dapatkan saat melakukan fisioterapi, seperti:

Cyriax. Sistem pemeriksaan dan intervensi yang bertujuan mengatasi lesi jaringan lemak non bedah. 

Terapi manual lewit. Teknik ini dilakukan dengan melakukan olahraga yang terpusat untuk area tulang belakang dan sendi perifer.

Terapi manual pendekatan kaltenborn-evjenth. Metode perawatan menggunakan relaksasi pasca-isometrik untuk tulang belakang dan area sendi.

3. Terapi okupasi

Terapi okupasi menjadi salah satu perawatan yang bisa dilakukan saat fisioterapi. Tujuannya agar seseorang yang melakukan terapi ini mampu menjalankan kehidupan sehari-hari tanpa terganggu.

Ada beberapa jenis terapi okupasi, seperti:

Akupunktur. Teknik ini dilakukan dengan bantuan jarum halus yang ditusuk pada area tertentu. Tujuannya untuk mengatasi keluhan kesehatan yang dialami.

Hidroterapi. Teknik ini akan dilakukan dengan bantuan air, misalnya pada kolam air untuk mengatasi keluhan kesehatan pasien. Hidroterapi dipercaya mampu menurunkan nyeri sendi hingga pemulihan pasca olahraga.

Terapi suhu. Terapi ini akan menggunakan suhu panas atau dingin. Tujuannya membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah pada bagian tubuh yang mengalami gangguan.

Terapi ultrasound. Terapi ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menstimulasi jaringan di bawah kulit.


4. Teknik elektroterapi

Berikut beberapa jenis terapi lain yang bisa menjadi perawatan dalam fisioterapi, yaitu:

Stimulasi saraf listrik transkutan (TENS). Perangkat kecil guna mengalirkan listrik pada bagian area yang nyeri sehingga bisa mengurangi rasa nyeri atau sakit.

Percutaneous Electrical Nerve Stimulation (PENS). Biasanya, PENS juga dilakukan menggunakan jarum untuk mengalirkan listrik. Metode ini dapat mengatasi nyeri lutut hingga memperbaiki kualitas tidur.


Kondisi yang Membutuhkan Fisioterapi

Terapi ini dapat membantu orang dari segala usia dengan berbagai kondisi kesehatan, seperti:

1. Gangguan otot dan tulang

Ada berbagai kondisi ortopedi yang memerlukan terapi ini. Contohnya seperti nyeri punggung, carpal tunnel syndrome, artritis, nyeri punggung bawah, hingga panggul.

2. Gangguan sistem saraf

Penyakit yang memengaruhi sistem saraf kerap membuat pengidapnya kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Kondisi ini bisa membaik dengan melakukan fisioterapi secara rutin.

Beberapa gejala penyakit neurologis juga bisa membaik dengan terapi ini, seperti penyakit alzheimer’s, multiple sclerosis, neuropati, vertigo.

3. Autoimun

Beberapa penyakit autoimun yang membaik dengan terapi ini, seperti fibromyalgia, raynaud’s syndrome, dan rheumatoid arhtritis.

4. Penyakit kardiovaskular

Gangguan pada jantung terkadang memerlukan fisioterapi untuk memperbaiki gejala yang terjadi. Terapi ini bisa membantu pengidap gangguan jantung mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

5. Penyakit kronis

Penyakit ini bisa membaik dengan terapi, mulai dari asma, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi.

6. Setelah menjalani operasi besar

Tindakan operasi besar dapat menyebabkan beberapa efek samping pada kesehatan tubuh. Fisioterapi bisa menjadi salah satu perawatan yang perlu kamu lakukan setelah menjalani tindakan operasi besar.

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika melakukan fisioterapi pasca operasi besar, seperti:

Mengelola rasa sakit.

Peregangan untuk mengembalikan gerakan tubuh.

Meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh.

Membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Membantu kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

7. Mengalami penurunan fleksibilitas tubuh

Jika kamu mengalami kesulitan bergerak akibat penyakit tertentu, fisioterapi menjadi perawatan yang bisa kamu pilih untuk mengoptimalkan kemampuan gerak dan fleksibilitas tubuh.

Selain itu, perawatan ini juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan otot secara bertahap agar tubuh kembali bergerak secara optimal.

8. Gangguan pernapasan

Fisioterapi dada merupakan salah satu jenis fisioterapi yang mampu mengatasi gangguan pernapasan. Bukan hanya membantu membersihkan saluran pernapasan, fisioterapi ini juga mengoptimalkan kesehatan pengidap gangguan paru agar tidak mudah mengalami kelelahan.


Prosedur Fisioterapi

Jumlah sesi yang perlu kamu lakukan tergantung pada rencana program dan teknik fisioterapi yang kamu gunakan. Namun, secara umum terapi berlangsung selama 30–60 menit per sesi. Frekuensi dan durasi fisioterapi bisa berubah karena akan menyesuaikan hasil fisioterapi terakhir. 

Berikut ini tiga pendekatan utama dalam fisioterapi:

1. Terapi manual

Pelaksanaannya menggunakan tangan fisioterapis untuk membantu menggerakkan, memijat, dan memanipulasi jaringan tubuh yang terganggu. Manfaat terapi ini yaitu meningkatkan rentang gerak tubuh, melancarkan aliran darah, mengatasi nyeri, dan memberikan sensasi relaksasi pada tubuh.

2. Latihan dan pergerakan

Pendekatan ini menggunakan alat bantu (seperti tongkat) atau bisa kamu lakukan di dalam air (hidroterapi). Seorang terapis akan membantu pelaksanaan sesi fisioterapi dan mengajarkan pada pengidap gerakan latihan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Lakukan gerakan yang diajarkan secara rutin, tetapi pastikan gerakan ini kamu lakukan secara aman dan dengan pengawasan.

3. Edukasi dan saran

Pendekatan ini berupa pengenalan gaya hidup sehat (seperti menjaga berat badan ideal dan olahraga teratur), serta pemberian saran mengenai posisi tubuh yang benar dalam beraktivitas guna mengurangi risiko cedera dan nyeri.

Selain tiga pendekatan utama di atas, fisioterapi juga mempunyai teknik lainnya untuk membantu proses penyembuhan, salah satunya teknik Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS). Teknik ini erfungsi mengirimkan sinyal listrik ke daerah yang mengalami nyeri. 

Terapi ultrasound juga bisa kamu gunakan karena ia memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi untuk mengurangi rasa nyeri, ketegangan, dan mempercepat proses pemulihan.


Tempat Melakukan Fisioterapi

Fisioterapi bisa dilakukan di rumah sakit, klinik, atau bisa dengan layanan homecare dari Fizzio.id


Efek Samping Fisioterapi

Dalam beberapa kasus, fisioterapi juga dapat menimbulkan efek samping seperti:

1. Efek samping program latihan

Pastikan untuk melakukan program latihan sesuai dengan ketentuan dari terapis. Lakukan secara perlahan untuk mencegah efek samping, seperti nyeri dan kelelahan otot.

Kelelahan otot dapat menyebabkan kamu merasakan otot yang bergetar saat sesi pelatihan. Sedangkan nyeri otot merupakan kondisi tidak nyaman pada otot saat maupun setelah pelatihan.

2. Efek samping terapi okupasi

Terapi ini dapat menyebabkan efek samping berupa pembengkakan pada lokasi yang menjadi titik terapi. Kondisi ini bisa terjadi selama prosedur karena merupakan respon tubuh terhadap perawatan yang sedang dilakukan. 

Kamu bisa bertanya pada terapis untuk mengatasi efek samping ini setelah melakukan terapi.

3. Efek samping elektroterapi

Teknik terapi ini dapat menyebabkan area yang mendapatkan terapi menjadi lebih lembut dan sedikit mengalami pembengkakan. Kamu juga bisa bertanya pada terapis untuk mengatasi efek samping ini.


Berapa Biaya Fisioterapi?

Besarnya biaya fisioterapi berbeda-beda tergantung pada tempat dan fasilitas kesehatan yang kamu pilih. Perbedaan biaya juga tergantung pada tujuan atau seberapa parah kondisi. Perlu diketahui juga, beberapa jenis fisioterapi juga ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.


Jangan ragu untuk konsultasi terlebih dahulu dengan Fizzio.id, sebagai langkah awal sebelum melakukan tindakan fisioterapi. Yuk konsultasi dengan Fizzio.id, Gratis!.


Referensi:

NHS. Diakses pada 2023. Physiotherapy.

HealthTimes. Diakses pada 2023. What do Physiotherapists do?

Health Direct. Diakses pada 2023. Physiotherapy.

News Medical. Diakses pada 2023. Physiotherapy Types.

Coast Sport. Diakses pada 2023. 10 Things A Physio Can Do For You – Benefits of Physiotherapy.

Squareone Physiotherapy. Diakses pada 2023. 6 Reasons Why You May Need Physiotherapy.

Elysian. Diakses pada 2023. Side Effects of Physiotherapy.